Mengenal Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), Pengertian, Syarat, Serta Manfaatnya

timing-uu-tapera-tidak-tepat-gqsaonsfkz

Aturan Penggunaan Dana Tapera

Dana Tapera hanya boleh digunakan sebagai biaya untuk membeli rumah, membangun rumah dan biaya renovasi / perbaikan rumah (satu kali saja selama menjadi peserta). Untuk masyarakat yang mampu (berpenghasilan cukup atau tinggi) dana yang sudah ditabungkan pada Tapera dan tidak digunakan hanya boleh diambil ketika sudah pensiun. Seperti yang terdapat pada pasal 23 ayat 2 RUU Tapera.

Tapera Sendiri rencananya diprediksi akan berjalan pada akhir tahun 2017 setelah undang-undang Tapera disahkan juga oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada tanggal 16 Agustus 2016 yang menyatakan “UU tersebut akan menjamin upaya pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal yang layak dan terjangkau bagi rakyat,”.

Prinsip Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)

Prinsip utama Tapera adalah gotong royong, dalam rangka kehadiran negara dalam mensejahterakan rakyatnya, khususnya bidang perumahan, pemerintah bersama dengan DPR mendukung lahirnya Undang-Undang (UU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembangunan perumahan dalam rangka pemenuhan kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Meskipun program Tapera masih memiliki beberapa kelemahan dalam hal undang-undang, pemerintah tetap yakin untuk menjalankan program ini karena diperkirakan program ini dapat membantu mensejahterakan banyak masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki tempat tinggal yang murah tapi layak.

Manfaatkan dengan Bijak

Tapera merupakan program pemerintah yang harus mendapat apresiasi positif dari kita semua. Bagi Anda yang saat ini belum memiliki rumah, dan Anda tergolong kategori MBR, manfaatkan program Tapera dengan bijak untuk mewujudkan impian Anda dan keluarga, yakni memiliki hunian idaman yang layak, nyaman dan murah.

(Visited 23 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.