Mengenal Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), Pengertian, Syarat, Serta Manfaatnya

timing-uu-tapera-tidak-tepat-gqsaonsfkz

Memiliki rumah tinggal yang layak dan murah saat ini menjadi tantangan bagi semua orang. Keterbatasan lahan membuat harga tanah dan bangunan menjadi lebih mahal sehingga masyarakat, khususnya yang memiliki penghasilan rendah, sulit memiliki tempat tinggal sendiri. Namun, hal ini sudah ada solusinya, pemerintah memiliki program Tapera yang berlaku bagi untuk semua golongan masyarakat agar masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah yang layak dengan harga terjangkau sesuai kemampuan.

Pemerintah menciptakan program Tapera ini dengan tujuan membantu masyarakat Indonesia khususnya MRB memiliki dana untuk membeli atau membangun tempat tinggal mereka sendiri. Dengan adanya program Tapera ini, Masyarakat yang berpenghasilan rendah pun memiliki kesempatan untuk dapat memiliki rumah yang layak dan murah.

Pengertian Tapera

Tapera merupakan program baru mengenai pembangunan rumah untuk rakyat yang dikeluarkan oleh pemerintah. Program ini disebut sebagai solusi untuk memiliki rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dana yang sudah ditabung kedalam Tapera nantinya akan dijadikan sumber biaya untuk membangun rumah yang murah dan layak kepada para peserta tabungan Tapera yang berpenghasilan rendah.

Fungsi Tapera

1. Sumber Pembiayaan Rumah bagi masyarakat MBR

Kategori MBR yaitu mereka yang memiliki pendapatan maksimal Rp4 juta per bulan dan berhak untuk membeli rumah tapak, sedangkan bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp7 juta per bulan, mereka berhak membeli apartemen atau rumah susun (susun). Cakupan Uang Tapera ialah digunakan untuk biaya pembelian rumah, pembangunan dan biaya renovasi rumah.

2. Dana Jaminan Hari Tua bagi Non MBR

Artinya, Tapera dapat difungsikan sebagai dana jaminan hari tua. Bagi masyarakat non MBR yang telah memiliki rumah baik tempat tinggal atau objek investasi, maka dana Tapera yang telah rutin disetorkan nantinya bisa diambil kembali dengan jumlah sesuai setoran ditambah bunganya.
Semuanya bisa diambil ketika peserta telah pensiun.

Syarat Menjadi Peserta Tapera

Terdapat pada Bab I pasal 1 UU Tapera ayat 3 yang berbunyi “Peserta Tapera yang selanjutnya disebut Peserta adalah setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini dan telah membayar Simpanan”

Jadi baik pekerja ataupun pemberi kerja (perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan lainnya yang mempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain) jika telah memenuhi syarat berupa:

• Minimal berumur 18 tahun
• Telah atau belum menikah
• Berpenghasilan (memiliki pemasukan)

Walaupun diutamakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, Tapera tetap wajib untuk diikuti oleh seluruh kalangan baik pekerja maupun pemberi kerja.

Jadi Berapa Iuran Wajib yang Harus Dibayarkan oleh Pekerja, Saat Tapera Sudah Dijalankan?

Terdapat pada pasal 17 ayat 1 UU Tapera menyebutkan pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerja-pekerjanya menjadi peserta tabungan perumahan rakyat (Tapera). Iuran maksimal yang harus dibayarkan oleh pekerja adalah 2,5% dan pemberi kerja 0,5%.

Berikut tabel yang akan menjelaskan jumlah iuran wajib yang harus dibayarkan pekerja dan pengusaha setelah Tapera disahkan pada akhir tahun 2017 mendatang.

Iuran

 

Iuran Pekerja Pengusaha
BPJS Kesehatan 1,0% 4,0%
Jaminan Hari Tua (JHT) 2,0% 3,7%
Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) 0,24%-1,74%
Jaminan Kematian (JK) 0,3%
Jaminan Pensiun (JP) 1,0% 2%
Cadangan Pesangon

8%

Tapera 2,5%

0,5%

Total                                                                                               6,5%                          0,24%-1,74%

 

(Visited 23 times, 1 visits today)

Related Post "Mengenal Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), Pengertian, Syarat, Serta Manfaatnya"

Inilah Solusi Menabung Tanpa Riba di Bank Syariah Mandiri
Inilah Solusi Menabung Tanpa Riba di Bank
Inilah Cara Gampang Buka Rekening BNI Bagi Penerima Kartu Prakerja
PT Bаnk Nеgаrа Indоnеѕіа (Pеrѕеrо) Tbk. аtаu
Ingin Mencari Rumah Baru, Berikut Tips Dalam Memilih Lokasi
Memiliki rumah menjadi kebanggan semua orang, baik
PT Pos Indonesia Meluncurkan Kredit Pos
PT Pos Indonesia (Persero) menggandeng PT Adicipta