Ingin Mencari Rumah Baru, Berikut Tips Dalam Memilih Lokasi

ingin-mencari-rumah-baru-berikut-tips-dalam-memilih-lokasi

Memiliki rumah menjadi kebanggan semua orang, baik itu orang dewasa ataupun orang yang sudah berutmah tangga, dari segi fungsinya rumah memang hanya sekedar untuk berteduh dan berlindung dari panas dan hujan dan segala aspek kegiatan yang memerlukan ruangan. Tetapi seiring perkembangan jaman, rumah sendiri berubah fungsi yang tadinya hanya sekedar tempat berlindung menjadi fashion.

Pada kenyataanya memang tetap sebagi tempat berlindung, tapi ada fungsi tambahan yang memungkinkan orang harus pintar-pintar memilih rumah yang bagus. Nyaman, mempunyai acses tol yang dekat dll.semua bentuk kepeluan lainnya.

Sehingga bagi anda yang akan membeli rumah atau mau bikin langsung, ini ada tips dan triknya :

  1. Tentukan lokasi rumah

Menentukan lokasi rumah memang susah-susah gampang, jika anda masih sendiri anda cukup meminta nasehat teman atau yang lainnya tanpa harus berdebat panjang, kalau sudah mempunyai pasangan memang didiskusikan dulu tempat yang ideal untuk berdua itu seperti apa, lalu cari tanah atau lokasi yang pas untuk berdua. Hal ini harus dialakukan bagi orang yang sudah punya pasangan karena kalau tidak, mungkin saja rumah yang kita beli atau atanah yang sudah kita beli malah tidak kepake karena pasangan kita tidak setuju.

Pertama: jika anda seoarang pegawai, maka cari tempat yang dekat pekerjaan anda, karena hal ini akan mempengaruhi pengeluaran anda setiap bulan. Karena kalu dekat tempat kerja mungkin saja bisa jalan, atau haruspun bawa kendaraan tidak jauh.

Keuda: bagi yang sering berpergian sebaiknya tentukan lokasi rumah yang dekat dengan acses jalan tol. Karena hal ini akan mengefisienkan waktu dan mensiasati untuk tidak terjebak macet.

Ketiga: yang paling penting lokasi yang kita pilih adalah lokasi yang tidak rawan banjir. Memang lokasi yang rawan banjir mempunyai harga yang relative murah tapi untuk menjual kembalipun juga memang susah dan anda akan tersibukan dengan urusan yang serba membosankan setiap musimnya kalu memilih ditempat seperti ini.

  1. Aspek legaslitas rumah

Aspek legalitas sangat penting untuk diperhatikan, andai saja anda lengah maka anda akan terjebak dengan urusan hukum yang melelahkan, jadi baiknya anda cek dulu legalitasnya.  Adapun aspek legalitas yang yang bisa ditanyakan kepengembang atau kepemilik tanah adalah poto kopi sertifikat induk untuk lokasi perumahan yang dipilih, hal tersebut untuk memebri kepastian tengtang kebasahan kepemilikan tanah yang nantinya akan dipecah menjadi SHGB ataupun SHM atas kavlig yang dipilih tersebut.

Awas jangan sampai tergiur oleh tawaran murah tapi nantinya malah memebratkan anda, dan hindari pula membeli tanah atau rumah yang statusnya bersengketa.

  1. Fasilitas dan prasarana

Faktor ini tidak kalh penting, demi kenyamanan anda dalam mengisi hidup tentunya mempunyai lokasi rumah yang mempunybai berbagai pasilitas itu sangat menguntungkan. Biasanya pasilitas standar yang biasa dikenal dengan istilah Fasum dan fasos

Fasum atau fsilitas umum adalah seperti misalnya: fasiliatas air bersih, jalan lingkungan, penerangan rumah, saluran drainase

Sedangkan fasos atau fasilitas social seperti tempat ibadah, pos keamanan, lapangan, taman, tempat fitness dll.

  1. Kondisi rumah

Bagi anda yang masih awam tangtang rumah, anda bisa meminta bantuan “tukang bangunan” agar ketika anda memilih rumah tidak mendapatkan kerugian. Karena banyak rumah yang terkadang temboknya rapuh, kayu-kayunya sudah pada keropos dll.

Itu tips dan triks memilih lokasi rumah pertam, sekian dulu masih banyak sebenarnya ketika memilih rumah yang harus dipertimbangkan.

(Visited 1 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply