Hal-hal Berikut ini Merupakan Penyebab Kerusakan Memori Pada Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang penyebab kerusakan memori pada manusia. Lalu apa saja yang menyebabkan kerusakan memori pada manusia? Dari pada kita semakin penasaran, maka tanpa berbasa-basi lagi langsung saja kita bahas satu per satu apa saja penyebab kerusakan memori pada manusia.

penyebab-kerusakan-memori-pada-manusia

  • Stres – Saat seseorang mengalami tekanan yang mengakibatkan stres, orang tersebut tidak akan mampu mengingat memory atau kenangan yang pernah diingatnya dan jika orang tersebut terlalu sering mengalami stress akan mempengaruhi kemampuan momori ingatannya yang berakibat kerusakan permanen.
  • Merokok – Meskipun banyak orang yang merokok, belum tentu mereka semua mengetahui jika merokok dapat menyebabkan kerusakan memori. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pecandu rokok, menunjukan jika orang yang aktif dalam merokok dapat menurunkan kemampuan dan merusak memori bila dibandingkan orang yang tidak merokok. Selain itu, effek lain dari merokok adalah menyebabkan penyakit-penyakit kronis lainnya yang membahayakan kehidupan mereka.
  • Miras atau Minuman Keras – Ternyata selain merokok, minum-minuman keras juga dapat mengakibatkan kerusakan pada memori kita. Apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi miras, maka orang tersebut akan mengalami pemblokiran atau kehilangan memori akut. Selain itu minum miras juga dapat merusak organ-organ dalam seperti hati, paru-paru, ginjal, dan organ penting lainnya.
  • Penyakit Herpes – Herpes merupakan salah satu penyakit yang sering kita kenal sebagai penyakit pada kulit, namun herpes ternyata dapat menjadi pembunuh memori nyata kita juga. Bentuk yang sangat parah seperti ensefalitis herpes adalah salah satu jenis herpes yang dapat mengakibatkan kita mengalami kerusakan parah pada memori. Ensefalitis herpes dapat terjadi jika virus herpes tersebut mampu menemukan jalan untuk menginfeksi jaringan otak kita, melalui saraf bagian wajah.
  • Penyakit Kekurangan Gizi atau Malnutrisi – Seperti yang sudah kita ketahui, jika otak adalah salah satu organ yang sangat penting untuk mendukung keberlangsungan hidup. Sama seperti organ penting lainnya, otak kita juga memerlukan bahan bakar khususnya glukosa agar dapat bekerja dengan maksimal. Apabila otak kita mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi, dapat dipastikan otak kita tidak mampu bekerja secara normal dan mengakibatkan memori hanya mampu menyimpan sedikit ingatan saja. Ternyata bukan itu saja, karena jika otak kekurangan gizi dapat mengakibatkan amnesia anterograde dan retrograde yang sangat parah serta mudah lupa dengan apa saja yang baru kita lakukan.
  • Hipnotis – Selama ini, banyak orang yang percaya jika hipnotis mampu membantu untuk mengingat memori ingatan yang sudah lama terjadi dan sudah dilupakan. Tetapi, terkadang proses hipnotis menyebabkan juga mengakibatkan hilangnya beberapa memori yang dikenal sebagai amnesia pasca hipnotis. Sehingga untuk waktu yang akan datang, diharapkan adanya teknologi yang mampu mengembalikan memori atau kenangan tertentu tanpa melakukan hipnotis.
  • Benturan pada Kepala – Umumnya, penyebab utama kerusakan memori pada manusia adalah terjadinya benturan pada bagian kepala, baik benturan kecil hingga benturan yang sangat fatal. Untuk itu, kita diharapkan agar menghindari terjadinya benturan pada kepala kita yang tidak disengaja atau disengaja agar memori dapat bekerja dengan baik.
(Visited 1 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply