Daerah-daerah Berikut ini sangat sulit dikalahkan oleh penjajah seperti Belanda, Adakah Daerah Anda

daerah-daerah-berikut-ini-sangat-sulit-dikalahkan-oleh-penjajah-seperti-belanda-adakah-daerah-anda

Indonesia adalah Negara yang dijajah belanda selama 350 tahun yaitu tiga tiga setengah abad, kekayaan Indonesia dikeruk. Lading-ladang pribumi banyak yang dipindah tangankan dan dirubah menjadi perkebunan tebu.

Pribumi dianggap sebagai masyarakat kelas ketiga setelah bangsa erofa kelas kesatu dan kaum pendatang yaitu bangsa tionghoa dan dari Timur tengah sebagai kelas kedua, perlakuan yang diskriminatif inilah yang banyak ditentang oleh kaum pribumi.

Pemberontakan atas nama kemanusian karena mempertahankan harkat dan martabat suatu bangsa inilah banyak masyarakat Indonesia menjadi korban kelicikin dan kekejaman belanda. Sehingga banyak daerah yang senantiasa menentang kolonialisme belanda, berikut daerah-daerah yang sulit ditaklukan oeh penjajah:

  1. Aceh 1914

Aceh merupakan daerah yang sulit ditaklukan oleh penjajah, karena masyarakat disana selalu membantu prajurit kerajaan untuk menyingkirkan belanda, sehingga banyak tenaga dan banyak tentara belanda yang mati serta biaya yang sangat mahal untuk menaklukan Aceh.

Selama 41 tahun peperangan, belanda baru bisa menduduki Aceh yaitu pada tahun 1914 dan setelah 31 tahun Indonesia memproklamirkan sebagi Negara yang berdaulat.

  1. Nias

Suku nias terkenal dengan orang-orang yang selalu bertarung, sehingga sebelum belandapun suku nias selalu mengusir bila da pendatang baru yang mencurigakan, Suku nias baru takluk setelah 90 tahun belanda berjuang untuk menaklukan Nias dari tahun 1825-1914.

  1. Bali 1908

Bali adalah pulau yang dikenal dengan pulau dewata, pulau ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan selain itu bali memiliki kerajaan-kerajaan yang tidak menyerah dengan ancaman dan pendudukan oleh belanda, tepatnya 62 tahun belanda baru bisa menaklukan bali tepatnya pada 1908 dan sebelumnya belanda dibuat kewalahan oleh perlawanan-peralwanan prajurit raja dan rakyatnya yang siap mati menghadapi penjajah.

  1. Tapanuli

Adalah kerajaan Batak, daerah ini adalah daerah yang sulit ditemnbus oleh penjajah, baru setelah kekalahan Sisingamangaraja XII tahun 1907, belanda bisa menguassai tapanuli  yaitu dari tahun 1878-1907

 

  1. Jambi

Jambi adalah salah satu daerah yang dikuasai belanda karena memiliki kekayaan rempah-rempah seperti lada yang waktu itu banyak dibutuhkan oleh orang Erofa dengan harga yang mahal. Jambi sendiri adalah kerajaan yang oleh kesultanan.

Daerah   inibaru dimasuki Penjajah pada tahun1833 M. berbekal banyak pasukan barulah jambi bisa ditaklukan.

(Visited 1 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply