Cara Mengajukan Pinjaman atau Kredit di Bank BRI

kredit-pinjaman-briguna

Sebagian orang mengatakan bahwa hutang atau kredit adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan dana. Dana dapat diartikan sebagai modal usaha, dana untuk kebutuhan pribadi, serta kebutuhan lainnya. Dalam dunia bisnis misalnya, hutang seringkali digunakan untuk ekspansi usaha, dana dari hutang dipilih karena ketersediaan dana yang relative cepat dibandingkan dengan dana yang tersedia dari kas perusahaan. Begitu juga dengan kebutuhan pribadi, misalnya anda ingin membangun rumah, membeli mobil, atau kebutuhan lainnya sedangkan dana belum terkumpul, jika anda harus menunggu hingga dana terkumpul tentunya membutuhkan waktu yang lama, maka solusinya adalah dengan meminjam uang di bank.

Anda dapat melakukan pinjaman di bank manapun, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Dan bank BRI adalah salah satu bank tempat dimana anda dapat melakukan pinjaman uang. Nah, untuk anda yang ingin meminjam uang di bank BRI, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana cara meminjam uang di bank BRI, berikut ulasannya:

Namun sebelum saya mengulas bagaimana cara mengajukan kredit di bank BRI, terlebih dahulu saya akan mengulas apa saja yang menjadi keunggulan bank BRI, dan apa saja pilihan-pilihan kredit yang dapat anda pilih nantinya, agar informasi yang anda dapatkan lebih banyak.

Keunggulan Bank BRI
Bank ternama, WNI mana yang tidak kenal dengan Bank BRI sekarang, bank BRI merupakan bank yang memiliki cabang diseluruh provinsi di Indonesia. Mungkin hanya balita dan anak-anak belum dewasa saja yang tidak mengetahui tentang bank BRI. Memiliki cabang diseluruh Indonesia menunjukkan bahwa bank BRI memiliki kinerja yang bagus, tidak mungkin jika berkinerja buruk namun memiliki begitu banyak cabang, sehingga kenyamanan, keamanan, dan kepercayaan untuk nasabah sudah pasti menjadi prioritas bank BRI.

Banyaknya pilihan jenis kredit yang ditawarkan, di bank BRI ada lebih dari 20 jenis kredit yang dapat anda pilih. Banyaknya jenis kredit yang ditawarkan ini tentu sangat menguntungkan, hal ini karena akan lebih mudah memilih jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga kebutuhan yang anda miliki sangat tertarget dengan jenis pinjaman yang anda lakukan.

Fasilitas yang lengkap, menjadi nasabah atau debitur di bank BRI tidak akan rugi, ada banyak fasilitas yang akan anda dapatkan nantinya. Bisa anda cermati sendiri, berapa banyak atm BRI di daerah anda yang anda ketahui, tentu banyak sekali. BRI juga menyediakan internet banking dengan keamanan maximum, jadi selain lebih mudah dalam bertransaksi, anda juga tidak perlu kuatir dengan keamanannya.

Kenyamanan yang diprioritaskan, masalah kenyamanan tidak perlu ditanyakan lagi. Dengan profesionalitas yang BRI miliki, keandalan, fasilitas yang lengkap, teknologi yang modern, tentu akan memanjakan anda.

Pilihan Jenis Kredit Yang Di Tawarkan Bank BRI
Sudah saya singgung sebelumnya bahwa di bank BRI terdapat lebih dari 20 jenis kredit yang dapat anda pilih, di antaranya adalah sebagai berikut:

Jenis Kredit Keterangan Syarat
Pinjaman Mikro:
Kupedes Kredit dengan bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi, ditujukan untuk individual (badan usaha maupun perorangan) yang memenuhi persyaratan dan dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI. Melampirkan legalitas usaha, usaha minimal sudah 1 tahun, dan melampirkan identitas diri (ktp/sim).
Pinjaman Ritel:
Kredit agunan kas Kredit yang seluruh jaminannya berupa kas (fully cash collateral). Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha.
Kredit investasi Kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk membiayai barang modal / aktiva tetap perusahaan, seperti pengadaan mesin, peralatan, kendaraan, bangunan dan lain-lain. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
Kredit modal kerja Kredit untuk membiayai operasional usaha termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang dan persediaan. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
Kredit modal kerja ekspor Kredit untuk pembiayaan produksi atau pembelian barang-barang untuk di ekspor (pre-ekspor financing) atau pembiayaan kepada nasabah yang akan melakukan negosiasi wesel ekspor (post ekspor financing). Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 6 bulan terakhir. Memenuhi salah satu kriteria sebagai berikut: memiliki pengalaman ekspor minimal 2 tahun, atau memiliki pengalaman ekspor satu tahun dengan minimal 5 (lima) kali transaksi ekspor, atau telah menjadi nasabah BRI minimal 1 (satu) tahun tanpa pengalaman ekspor. Menyerahkan bukti-bukti ekspornya dan telah ada sales contract, L/C, order dari applicant.
Kredit modal kerja konstruksi Kredit yang diberikan untuk pembiayaan jasa konstruksi / pekerjaan yang berhubungan dengan penyelesaian suatu proyek misalnya proyek pembangunan gedung, perumahan, jalan, pekerjaan supervisi konstruksi, pekerjaan penyediaan barang atau jasa yang terkait dengan proyek. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir. Menyerahkan asli kontrak kerja yang akan dimintakan modal kerja.
Kredit modal kerja konstruksi BO I Kredit yang diberikan untuk seluruh pekerjaan jasa konstruksi yang sumber pembayarannya berasal dari dana APBN. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 6 bulan terakhir. Menyerahkan asli kontrak kerja yang akan dimintakan modal kerja. Membuka rekening giro operasional dan giro escrow account.
Kredit BRIguna Kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pembayaran yang berasal dari sumber penghasilan tetap/fixed income (gaji/uang pensiun). Dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif misalnya; pembelian barang bergerak/tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/sekolah, pengobatan, pernikahan dan lain-lain Copy identitas diri, Copy KK, Asli SK Pengangkatan Pertama & SK terakhir, Asli SKI Pensiun, Daftar Pembayaran Pensiun/Dapem, Copy Karip, Buku Pensiun, Perincian Gaji Terakhir, Surat Pernyataan Debitur, Surat Rekomendasi dari Atasan, Surat Kuasa Potong Gaji/Pensiun, Surat Kuasa Debet Rekening, Copy buku tabungan BRI.
Kredit waralaba Kredit yang diberikan dalam bentuk modal kerja dan investasi bagi usaha waralaba. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
Kredit SPBU kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi untuk usaha SPBU PERTAMINA. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, TDP, HO, Surat ijin penimbunan, IMB, Surat Tanda Daftar Rekanan Mampu, Nomor kode pelanggan SPBU Pertamina, Rekomendasi Bonadifitas SPBU dan Hiswana, Sertifikat Pasti PAS yang dikeluarkan oleh Pertamina. Melampirkan KTP / SIM, Untuk badan usaha melampirkan Akte Pendirian dan perubahannya, serta Melampirkan copy rekening koran 6 (enam) bulan terakhir.
Kredit resi gudang Kredit Bank yang diberikan atas jaminan Resi Gudang. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
Kredit pemilikan gudang Kredit investasi dalam mata uang rupiah untuk pemilikan bangunan gudang baik secara indent maupun ready stock berikut fasilitas yang melekat pada gudang untuk mendukung kegiatan usaha komersial. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Ada perjanjian kerjasama dengan Developer.
Kredit talangan SPBU Kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi untuk usaha SPBU PERTAMINA. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, TDP, HO, Surat ijin penimbunan, IMB, Surat Tanda Daftar Rekanan Mampu, Nomor kode pelanggan SPBU Pertamina, Rekomendasi Bonadifitas SPBU dan Hiswana, Sertifikat Pasti PAS yang dikeluarkan oleh Pertamina. Melampirkan KTP / SIM, Untuk badan usaha melampirkan Akte Pendirian dan perubahannya, serta Melampirkan copy rekening koran 6 (enam) bulan terakhir.
Kredit batubara Kredit untuk membiayai operasional perusahaan dalam rangka melakukan kegiatan yang berkaitan dengan eksploitasi dan jasa pertimbangan Batu Bara. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta melampirkan fotocopy rekening koran atau rekening tabungan, 3 (tiga) bulan terakhir.
Kredit waralaba ALFAMART kredit untuk membiayai bisnis waralaba mini market Alfamart. Melampirkan NPWP, SIUP, SITU, Surat keterangan usaha, KTP/SIM, dan akte pendirian dan perubahannya untuk badan usaha. Serta calon debitur telah mempunyai kerjasama dengan franchisor.
Kredit dengan pola angsuran tetap Kredit modal kerja dan investasi dengan pola angsuran tetap dengan kriteria : Jangka waktu maksimal modal kerja s/d 5 tahun (60 bulan), Jangka waktu maksimal kredit Investasi s/d 10 tahun (120 bulan), Pola angsuran tetap, Suku bunga efektif. Merupakan usaha perseorangan maupun badan, memiliki identitas serta legalitas yang sah dan masih berlaku, membuka/memiliki rekening tabungan di BRI.
Pinjaman Menengah:
Kredit agribisnis Kredit Agribisnis merupakan kredit yang diberikan kepada individu atau perusahaan yang bergerak di bidang pertanian (agribisnis) dalam arti luas, baik untuk kegiatan on-farm maupun off-farm dari hulu hingga hilir, seperti bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, perdagangan, penunjang dan jasa lainnya yang terkait bidang agribisnis. Tidak ada informasi (Anda dapat menghubungi 021- 575 1125 untuk informasi lebih lanjut)
Pinjaman Program:
KPEN-RP Kredit Pengembangan Energi Nabati & Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP) Non Kemitraan adalah Kredit Investasi yang diberikan oleh Bank BRI kepada Petani langsung dengan memperoleh subsidi bunga dari Pemerintah dalam rangka mendukung Program Pengembangan Bahan Baku Bahan Bakar Nabati dan Program Revitalisasi Perkebunan. Hubungi cabang bank BRI terdekat.
KKPE – Tebu Kredit ketahanan Pangan & Energi (KKPE) – Tebu adalah Kredit Modal Kerja yang diberikan kepada petani peserta untuk keperluan pengembangan budidaya tebu, melalui kelompok tani atau koperasi yang bermitra dengan Mitra Usaha / PG (Pabrik Gula). Hubungi cabang bank BRI terdekat.
KKPE Kredit Ketahanan Pangan & Energi adalah Kredit investasi dan/atau modal kerja yang diberikan dalam rangka mendukung pelaksanaan Program Ketahanan Pangan dan Program Pengembangan Tanaman Bahan Baku Bahan Bakar Nabati Hubungi cabang bank BRI terdekat.
Kredit Usaha Rakyat (KUR):
KUR BRI Kredit Modal Kerja dan atau Kredit Investasi dengan plafon kredit sampai dengan Rp 500 juta yang diberikan kepada usaha mikro, kecil dan koperasi yang memiliki usaha produktif yang akan mendapat penjaminan dari Perusahaan Penjamin. Hubungi cabang bank BRI terdekat.
KUR TKI BRI Kredit yang diberikan kepada TKI yang digunakan untuk pengurusan dokumen, pelatihan dan pemberangkatan TKI ke luar negeri. WNI, dengan melampirkan identitas diri berupa KTP/SIM, KK, Surat nikah (bagi yang sudah menikah), Ijasah terakhir, minimal SLTP atau sederajat. Rekomendasi dari PPTKIS yang sudah memiliki kerjasama dengan Bank BRI Kantor Pusat. Calon debitur/TKI dapat dilayani berdasarkan domisili, atau berada di wilayah terdekat dari PPTKIS yang merekrut/memberangkatkan calon debitur/TKI yang bersangkutan.


Cara Meminjam Uang Di Bank BRI
Untuk cara meminjam uang di bank BRI itu sebenarnya sangat mudah sekali, yang paling sulit sebenarnya adalah mempersiapkan persyaratannya. Namun jika anda adalah seseorang yang benar-benar layak untuk menerima pinjaman, maka syarat-syaratnya pun akan dapat anda penuhi dengan mudah.

Langkah pertama dalam mengajukan pinjaman di bank BRI adalah dengan memilih cabang BRI yang secara geografis tidak merepotkan anda, kemudian anda datangi bank tersebut dan anda pun akan diarahkan ke bagian kredit. Setelah itu, anda akan ditanyai oleh bagian kredit seputar tujuan anda mengajukan pinjaman sekaligus dimintai untuk menyerahkan berkas-berkas persyaratan yang diperlukan. Bank memerlukan waktu untuk menganalisis kelayakan anda, sehingga anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari hingga pihak bank menghubungi anda untuk memberitahu apakah pengajuan kredit anda disetujui atau ditolak.

Mudah bukan?

Oke, mungkin hanya itu saja ulasan seputar syarat dan cara meminjam uang di bank BRI yang dapat saya berikan. Semoga ulasan syarat dan cara meminjam uang di bank BRI diatas dapat memudahkan anda dalam mengajukan kredit di bank BRI, semoga saja pengajuan anda disetujui.

sumber : http://forum-ukm.blogspot.co.id

(Visited 1 times, 1 visits today)
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply