Beberapa Manfaat Adanya Keanekaragaman Makhluk Hidup di Alam

keanekaragaman-makhluk-hidup-di-alam

Tuhan menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan karakteristiknya masing-masing. Makhluk hidup di satu daerah tentu berbeda dengan makhluk hidup di daerah lain. Faktor lingkungan tentu ikut mempengaruhi hal tersebut karena setiap makhluk hidup mempunyai caranya sendiri untuk beradaptasi. Namun, pasti ada alasan mengapa makhluk hidup di alam ini tercipta dengan berbagai macam. Walaupun begitu, keanekaragaman makhluk hidup ini memberikan banyak manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya keanekaragaman makhluk hidup di alam.

  1. Memenuhi kebutuhan sehari-hari

Dengan beragamnya makhluk hidup, mulai dari tumbuhan hingga hewan, semuanya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti sandang, papan, pangan. Misalnya orang memakan nasi yang berawal dari beras, dan membuat rumah dari kayu yang berasal dari pohon. Tentu jika tidak ada keanekaragaman, kedua tumbuhan itu tidak dapat dimanfaatkan menjadi barang yang berbeda. Dan hal tersebut akan menghambat kelangsungan hidup.

  1. Penyeimbang lingkungan

Di alam kita mengenal rantai makanan yang menjadi penyeimbang lingkungan. Daun dimakan ulat, ulat dimakan burung, dan seterusnya. Dengan adanya keanekaragaman makhluk hidup, maka rantai makanan ini akan terus terjaga. Bayangkan apa jadinya bila tidak ada keanekaragaman? Mungkin satu spesies akan menguasai alam, dan yang terjadi adalah kekanibalan. Satu spesies memakan sesamanya. Tentu sangat mengerikan.

  1. Bagi keberlangsungan ekosistem

Penelitian membuktikan jika kepunahan spesies cenderung mengurangi kemampuan ekosistem untuk pulih dari kerusakan ataupun gangguan. Sehingga dalam hal ini keanekaragaman makhluk hidup dapat menahan tekanan dari lingkungan sehingga lebih produktif. Oleh karena itu, suatu ekosistem yang memiliki keanekaragaman makhluk hidup akan mempunyai kesempatan yang lebih tinggi untuk terus beradaptasi dengan lingkungan yang senantiasa berubah. Lebih sederhananya, semakin beranekaragam makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka akan semakin stabil ekosistem tersebut.

  1. Memenuhi kebutuhan sekunder manusia

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan akal dan perasaan, hal itulah yang menyebabkan manusia mempunyai kebutuhan sekunder. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sekunder ini adalah dengan menikmati keanekaragaman makhluk hidup yang ada di alam ini. Manusia bisa memelihara kucing atau anjing demi mendapatkan perasaan senang yang dibutuhkan oleh kebutuhan sekunder.

Dari berbagai manfaat di atas, tentu kita menjadi lebih tahu bahwa keanekaragaman makhluk hidup sangat penting dan sebagai makhluk di alam ini yang paling sempurna, manusia sudah sepantasnya untuk menjaga dan melestarikannya.

(Visited 1 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply