Aturan Baru Cuci Darah Pakai BPJS Pasien Kaget Sudah Tak Bisa Lagi Tiga Kali Seminggu

Kebijakan BPJS
Sementara itu, Humas RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Anwar Fitanta mengatakan, pihaknya sebagai pelaksana layanan kesehatan tidak bisa berbuat banyak selain mematuhi ketentuan dari BPJS.
Perubahan kebijakan mengenai layanan kepada pasien gagal ginjal menjadi dua kali cuci darah dalam seminggu inipun telah diterapkan selama tiga bulan terakhir.

“Kami pun berusaha menjelaskan perubahan ini ke pasien. Kami pun memberikan edukasi agar mereka tetap fit misalnya dengan memperbaiki gaya hidup. Namun terkait jumlah layanan ini, karena sudah regulasi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ujarnya.
Pasien gagal ginjal pun menurutnya menhadapi pilihan cukup sulit. Apabila mereka tetap ingin cuci darah tiga kali seminggu, satu kali biaya cuci darah harus mereka tanggung.
Tidak Murah
Padahal, biayanya tidak murah. Untuk sekali cuci darah biaya berkisar Rp 650-750 ribu.
“Kalau setiap minggu harus mengeluarkan biaya sebanyak itu, tentu bukan pilihan yang ringan terutama untuk mereka yang berkemampuan terbatas,” kata dia.
Sugeng dan Zahron tidak sendirian. Beberapa rekan yang rutin menjalani cuci darah secara bersamaan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta pun harus menghadapi kenyataan bahwa mereka kini tak lagi bisa cuci darah tiga kali seminggu.
Tak mau tinggal diam, mereka pun mulai mencari jalan keluar. Selain melayangkan keluhan ke BPJS Kesehatan KCU Yogyakarta, mereka pun menghubungi Lembaga Ombudsman DIY.

 

sumber : tribunnews

(Visited 25 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply