Anda Hamil Muda, Begini Cara Mengurangi Rasa Mual

anda-hamil-muda-begini-cara-mengurangi-rasa-mual

Rasa mual dan rasa ingin muntah adalah hal yang biasa bagi wanita yang sedang hamil muda, ternyata berkaitan erat dengan gaya hidup yang kita jalani, jika gaya hidup sehat yang kita jalani maka kita akan terhindar dari yang namanya mual atau disebut juga Morning Sicknes.

Penamaan morning sicknes sendiri tidak selalu benar karena banyak wanita yang hamil muda mengalami mual di sore hari, siang atau bahkan malam yang artinya ada beberapa wanita mengalami gejala itu sepanjang hari. Sebenarnya rasa mualpada saat hamil muda adalah gejala yang wajar-wajar saja, mengingat rasa mual itu terjadi karena ada peningkatan hormone estrogen, progesterone dan HCG yang akan mempengaruhi beberapa fungsi tubuh.

Ada beberapa tips biar kita bisa mengurangi gejala mual pada saat hamil Muda, yaitu:

  1. Mengatur pola hidup

Pada saat hamil muda, memungkinkan tubuh sangat lelah karena mempunyai beban tambahan selain tubuh pada biasanya, sehingga ritme makanpun ditambah sebaiknya bagi wanita hamil kalaupun perlu makan berlebih tidak harus banyak makan banyak atau waktunya ditambah. Tapi cukup makan-makanan yang bergizi,  cukup istirahat, berolahraga, dan merawat diri sendiri.

  1. makan teratur

makan teratur bagi orang pada umumnyapun merupakan hal yang harus dilakukan, apalagi bagi wanita hamil, jangan sampai karena banyak rutinitas menyebabkan lupa makan, sehingga perut kosong tapi juga makan berlebihpun tidak disarankan karena perut yang terlalu kenyang akan menyebabkan rasa mual sehigga disarankan untuk makan dengan porsi yang sedikit tapi agak sering.

  1. makan buah-buahan segar

makan buah-buahan baik bagi kesehatan tubuh dan janin, tapi bagi wanita hamil hindarilah buah-buahan yang bisa menyebabkan keguguran yaitu seperti buah nanas, durian, delima dan beberapa jenis buah lainya yang tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. olahraga yang cukup

saat hamil, kondisi badan harus selalu diperhatikan karena dengan olahraga rasa mual akan sedikit tidak terasa. Walaupun disarankan bagi wanita hamil untuk melakukan olahraga ringan saja.

  1. Minum Air Jahe

Rasa hangat yang ada pada jahe bisa membantu wanita  hamil muda bisa mengurangi rasa mual. Jahe tidak dimakan mentah-mentah tapi jahe bisa kita memarkan dan masukan pada air panas atau lebih mudah cukup kita membeli minuman jahe yang ada diwarung-warung.

(Visited 1 times, 1 visits today)
author

Author: 

Leave a Reply